Posts

Showing posts from 2015

Resep Wingko

Image
Membuat wingko ini sebenernya gak direncanain, pengen makan enak tapi gak mau ribet dan cepet (standar bikin kue tradisional yang cepet menurutku adalah yang gak perlu memperlakukannya khusus satu persatu, misalnya, mbuletin satu-satu, ngasih isian satu-satu dll, apapun kue tradisional yang sekali tuang ke loyang adalah "cepet" menurutku).

Karena hari ini Niina ada kelas balet, jadi bikin wingkonya juga harus ekstra cepet. Pulang dari sekolah jemput Niina, langsung ke dapur, nyiapin bahannya. maratoonnn disambi maen sama Niina langsung nganterin balet, pulangnya baru sempet motong dan ngicipin.

Berikut bahan-bahannya dan cara membuatnya. WARNING!! Ini bukan tutorial karena pembuatnya sedang bereksperimen :D
Resep Wingko
Bahan-bahan: ¤ 400 gr    tepung ketan ¤ 40 gr tepung tapioka ¤ 150 gr kelapa parut kering (basahi dengan ¤ air hangat agar empuk) ¤ 250 gr gula pasir ¤ 200 ml santan cair ¤ 2 sdt vanila sugar/pasta ¤ 1 sdm margarin ¤ 3 sdm sari pandan (bisa pakai daun pandan yang disimpu…

Resep Madu Mongso

Image
Keinginan membuat madu mongso ini terinspirasi karena teringat almarhumah ibu, kebetulan memasuki bulan april, bulan dimana terkenang 11 tahun yang lalu...
Bagi keluargaku, ini merupakan jajanan wajib lebaran ketika ibu masih hidup. Setiap menjelang lebaran, selain membuat tape ketan pandan yang dibungkus daun pisang, ibu selalu membuat madu mongso. Ritualnya malam takbiran, beliau "mbungkusi" si madu mongso ini dan es lilin yang akan dihidangkan selama hari lebaran. Ahhh, ibu itu tipikalnya seperti aku atauuuu aku yang tipikalnya seperti beliau?? Selalu hectic kalau mau ada acara-acara khusus.

Intermezzo, kemiripanku dg almarhumah: 1. Heboh 2. Hectic 3. Perhitungan :D
Yang terakhir itu sudah sering dapet komplain dari Mikko karena kalau mau beli barang, bandingin harganya bisa berhari-hari, bahkan berbulan-bulan :D
Bagian yang "hectic" itu juga sering dapet komplain kok, tiap ada apa-apa, pasti gampang setereesss karena berasa deadline trus korbannya 2 makhluk di rumah (…

Resep Tape Ketan

Image
Ngeliat stok beras ketan dan tepung ketan berkilo-kilo, pengennya bikin sesuatu yang gampang. planningnya, si tepung ketan ini mau dibikin onde-onde, kue ku, kue mochi, mendut, klepon, putri mandi, tapi apalah daya, waktunya gak ada karena jahitan numpuk. Si beras ketan yang mau dibikin lemper, ketan sarikaya dan rengginangpun cuma numpuk tak tersentuh. Yowes muncul ide bikin tape ini setelah dapet ragi, yang akhirnya dilanjut ke madu mongso. Ahh, ternyata gampang bikinnya, gak ribet, cuma prosesnya aja yang lama karena nunggu matengnya bisa sampai 2-3 hari.
Resep Tape KetanBahan:

 ½kg           beras ketan (350 gr beras ketan hitam + 150 beras ketan putih)300 ml       air matang2 keping     ragi tape3 sdm         gula tepungFood container (bisa menggunakan pembungkus kecil-kecil)Dandang pengukus (aku memakai steamer listrik)


Cara membuat: 1. Cuci dan rendam ketan minimal selama 2 jam atau semalaman.



2. Tiriskan kemudian kukus selama 40 menit atau sampai matang.

3. Selama mengukus, percikan…

Sambal Praktis

Image
Sambal, buat keluargaku sih ini wajib sewajib-wajibnya. Segala macem makanan, mau masakan Indonesia atau masakan Eropa sih tetep dicocolin sambal. Mikko yang dulunya hanya bisa makan sambal yg manis, sekarang udah ahli makan sambal level atas aka pedes banget.
Sambal tomat trasi ini sebenernya kuadopsi dari jenis sambal trasi, tapi karena aku pikir ini sambal harus serbaguna bisa dipake makan apa aja, dari penyetan, soto, bakso, spageti maupun pizza karena tiap masak emang gak bisa nyampurin cabe langsung ke masakan karena ada Niina yg masih toddler yang biasa makan makanan yang sama dengan kita. Jadi untuk praktisnya, biasanya setok sambel ini selalu ada dikulkas.
Sambal tomat trasi ini sangat mudah, praktis dan yang pasti meminimalisir bau trasi saat pemasakannya, karena ini masalah kita yg tinggal deketan ma tetangga, belum lagi karena ventilasi kita bukan dari jendela, jadinya aroma trasi yg semerbak mewangi bisa bertahan berjam-jam bahkan nempel baunya di dapur. Ini sih eksperimen,…

Apple Cake Recipe

Image
Resep cake apel ini sangat gampang dan cepat dibuat. Waktu hiihtoloma (liburan ski) kemaren, rencananya mau ngejahit ngelarin orderan Niina buat bikin kostum princess, tapi karena ada perbaikan kamar mandi yang merembet ke dapur, jadi tempat ngejaitnya kegeser peran jadi tempat naruh kulkas dan mesin cuci piring. Ngabisin aja waktu buat di dapur biarpun masih berantakan pipa-pipa dimana-mana.
Masih ada sisa apel seplastik. Mau bikin pie, males nguleni adonannya. Akhirnya bikin cake apel ini, kebetulan ada stok vanila saus di kulkas.

Resep Cake Apel 
Bahan-bahan
Bahan adonan cake: 
- 150 gram margarin
- 125 gram gula pasir
- 2 sdt vanila sugar
- 1 butir telur
- 150 gram tepung terigu
- 30 gram tepung kentang/ maizena
- 1 sdt baking powder
- 1 pkt vanila rahka





Bahan toping:


-100 gram margarin
- 100 gram gula pasir
- 1 sdt vanila sugar
- 100 ml susu cair
- 2-3 sdm tepung terigu
- 6 buah apel
- kayu manis bubuk          



Cara membuat: Persiapan Panaskan oven 175 derajat celciusPoles loyang dengan margarinKemud…

About us

Image
This blog, mostly will be available in Bahasa Indonesia (as my native language). So, it will be easy for me to write it and hopefully i could find the right sentences to explain something and not being too "formal" to submit it. I try to make it as an easy understanding information for reader who can't understand Bahasa Indonesia with translate tool, put more picture and/or a video or you could contact me through my email for more information if needed.

Chimy, sebenernya itu adalah nama panggilanku dari jaman dahulu kala yang aku sendiri lupa sejak kapan nama itu mulai beken, bahkan beberapa teman dekatku tidak tau nama asliku :( Kemudian nama ini menjadi lebih gampang dikenali dalam beberapa sharing di media sosial. Saat ini aku tinggal di Joensuu, kota di Finland bagian timur, bersama dengan Niina anak perempuanku dan Mikko suamiku. Kemungkinan besar mereka akan sering muncul di setiap postku. Bahasa sehari-hari yang digunakan sih masih banyak menggunakan Bahasa Indonesi…

Botania, Botanical Garden in Joensuu

Image
Botania adalah sebuah  kebun raya dan kebun kupu-kupu tropis di Joensuu, letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Joensuu, tepatnya di Hein├Ąpurontie 70, 80110 Joensuu. Di sini banyak ditemukan berbagai macam tanaman yang sering kutemukan di Indonesia. Selain ditanam dalam rumah kaca, pada musim panas biasanya pengelola menanamnya pada halaman dan kebun di area Botania.


How to Make Tutu Skirt without Sewing

Image
Membuat Rok Tutu tanpa Menggunakan Mesin Jahit



Ide membuat rok tutu ini bermula dari hobi balet Niina, karena dia mulai kelas baletnya musim ini di Joensuun Tanssi Opisto. Walopun usianya belum genap 3 tahun, ternyata Niina sudah boleh gabung di grup yg termuda (3 tahun). Awalnya malu-malu tapi mau, dan sekarang semangat banget. Karena masih di kelas junior, jadi seragam mereka masih bebas, bisa memakai warna dan model apa saja. Awalnya beberapa kali kujahitin memakai mesin jahit, salah satunya seperti ini.
Di post kali ini, aku sharing caranya membuat rok tutu tanpa menggunakan mesin jahit, sehingga gampang bisa dibuat oleh ibu-ibu untuk putrinya. 

Jenis rok tutu inipun terbilang sangat ekonomis, karena tidak terlalu banyak menggunakan kain (untuk kebutuhan kain tergantung panjang rok) dan dapat dibuat menggunakan elastis ukuran kecil (sekitar 12mm) Berikut bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan: (Di sini aku pake ukuran panjang rok sekitar 20 cm) Kain tule Elastis Benang dan jarum Gunting Ja…