Posts

Travelling with Newborn

Image
We were going to visit  Finland and spend christmas there. Niina was so excited as she had been waiting Christmas came and expecting to get her present from Santa and enjoying the white christmas with snow especially she was so excited to learn how to skate lately. But for me this was a bit nervous trip as Niilo's first time being on board in his nearly 3 months old and it would be a long trip. So our flight was night flight started from Hanoi - Hongkong - Helsinki - Oulu which was took 18 hours including transit (3 hours in Hongkong International airport and 2nd was 55 minutes in Helsinki airport)
I did search and browse about flying with baby, what to prepare etc. And here is our experience to share. Passport,
this document has been prepared earlier as we're staying abroad to make his visa when he just born and because he is Finnish citizen so he doesn't require to have visa to entry Finland. Make sure that you have visa if its required for the destination country.

Nurser…

Perpanjangan Paspor dan Affidavit anak

Image
Akhirnya hari ini memperpanjang paspor Indonesia Niina dan memulai kembali pembuatan affidavit. Dikarenakan dulunya kurang paham dan sebenarnya ntahlah itu yg di stempel di paspor ternyata bukan affidavit, dan mungkin saja benar krn dulu pas pembuatan paspor Indonesia si Niina blm punya paspor Finland. Perpanjangan paspor dan pembuatan affidavit anak ini di KBRI HAnoi, jadi mungkin prosesnya akan berbeda ketika dilakukan di KBRI lain ataupun di kantor imigrasi di Indonesia.

Resep Wingko

Image
Membuat wingko ini sebenernya gak direncanain, pengen makan enak tapi gak mau ribet dan cepet (standar bikin kue tradisional yang cepet menurutku adalah yang gak perlu memperlakukannya khusus satu persatu, misalnya, mbuletin satu-satu, ngasih isian satu-satu dll, apapun kue tradisional yang sekali tuang ke loyang adalah "cepet" menurutku).

Karena hari ini Niina ada kelas balet, jadi bikin wingkonya juga harus ekstra cepet. Pulang dari sekolah jemput Niina, langsung ke dapur, nyiapin bahannya. maratoonnn disambi maen sama Niina langsung nganterin balet, pulangnya baru sempet motong dan ngicipin.

Berikut bahan-bahannya dan cara membuatnya. WARNING!! Ini bukan tutorial karena pembuatnya sedang bereksperimen :D
Resep Wingko
Bahan-bahan: ¤ 400 gr    tepung ketan ¤ 40 gr tepung tapioka ¤ 150 gr kelapa parut kering (basahi dengan ¤ air hangat agar empuk) ¤ 250 gr gula pasir ¤ 200 ml santan cair ¤ 2 sdt vanila sugar/pasta ¤ 1 sdm margarin ¤ 3 sdm sari pandan (bisa pakai daun pandan yang disimpu…

Resep Madu Mongso

Image
Keinginan membuat madu mongso ini terinspirasi karena teringat almarhumah ibu, kebetulan memasuki bulan april, bulan dimana terkenang 11 tahun yang lalu...
Bagi keluargaku, ini merupakan jajanan wajib lebaran ketika ibu masih hidup. Setiap menjelang lebaran, selain membuat tape ketan pandan yang dibungkus daun pisang, ibu selalu membuat madu mongso. Ritualnya malam takbiran, beliau "mbungkusi" si madu mongso ini dan es lilin yang akan dihidangkan selama hari lebaran. Ahhh, ibu itu tipikalnya seperti aku atauuuu aku yang tipikalnya seperti beliau?? Selalu hectic kalau mau ada acara-acara khusus.

Intermezzo, kemiripanku dg almarhumah: 1. Heboh 2. Hectic 3. Perhitungan :D
Yang terakhir itu sudah sering dapet komplain dari Mikko karena kalau mau beli barang, bandingin harganya bisa berhari-hari, bahkan berbulan-bulan :D
Bagian yang "hectic" itu juga sering dapet komplain kok, tiap ada apa-apa, pasti gampang setereesss karena berasa deadline trus korbannya 2 makhluk di rumah (…

Resep Tape Ketan

Image
Ngeliat stok beras ketan dan tepung ketan berkilo-kilo, pengennya bikin sesuatu yang gampang. planningnya, si tepung ketan ini mau dibikin onde-onde, kue ku, kue mochi, mendut, klepon, putri mandi, tapi apalah daya, waktunya gak ada karena jahitan numpuk. Si beras ketan yang mau dibikin lemper, ketan sarikaya dan rengginangpun cuma numpuk tak tersentuh. Yowes muncul ide bikin tape ini setelah dapet ragi, yang akhirnya dilanjut ke madu mongso. Ahh, ternyata gampang bikinnya, gak ribet, cuma prosesnya aja yang lama karena nunggu matengnya bisa sampai 2-3 hari.
Resep Tape KetanBahan:

 ½kg           beras ketan (350 gr beras ketan hitam + 150 beras ketan putih)300 ml       air matang2 keping     ragi tape3 sdm         gula tepungFood container (bisa menggunakan pembungkus kecil-kecil)Dandang pengukus (aku memakai steamer listrik)


Cara membuat: 1. Cuci dan rendam ketan minimal selama 2 jam atau semalaman.



2. Tiriskan kemudian kukus selama 40 menit atau sampai matang.

3. Selama mengukus, percikan…